Pencipta Ninja Hattori Fujiko A. Fujio Meninggal Dunia

 

Kabar duka datang dari industri hiburan Jepang. Kreator manga Ninja Hattori, Fujiko A. Fujio tutup usia. Dilansir dari kyodonews, Kamis (7/4/2022), Fujiko A. Fujio meninggal pada usia 88 tahun. Polisi melaporkan bahwa jasad Fujiko A. Fujio ditemukan di rumahnya di Kawasaki, dekat Tokyo.

Fujiko A. Fujio atau pemilik nama asli Motoo Abiko menjadi salah satu dari sederet kreator manga legendaris di Jepang. Karya-karya Fujiko A. Fujio yakni Kaibutsu-kun, The Laughing Salesman, Obake no Q-taro, hingga Ninja Hattori sukses besar bahkan sampai ikut dinikmati oleh pencinta manga di Tanah Air. The Laughing Salesman yang telah diadaptasi menjadi anime masih bisa disaksikan penonton global melalui layanan streaming Netflix. Fujiko A. Fujio, pernah bekerja sama dengan Fujiko F. Fujio, kreator manga pencipta serial Doraemon.

Kreator itu menjadi duo menggunakan nama Fujiko Fujio sebagai identitas mereka sejak tahun 1951. Namun kemitraan keduanya kemudian dibubarkan pada 1987. Fujiko A. Fujio lahir pada 10 Maret 1934. Ia berasal dari Toyama, kampung halaman yang sama dengan Fujiko F. Fujio. Tahun 1954, duo Fujio pindah ke Tokyo untuk fokus menjadi kreator manga.

Fujiko A. Fujio memulai debutnya sebagai kreator manga pada 1964 lewat Futa-kun. Karya keduanya yang dirilis pada 1964 yaitu Ninja Hattori-kun sukses besar. Manga itu berlanjut selama tujuh tahun sampai 1971. Memasuki tahun 2000, Fujiko A. Fujio fokus mengembangkan ceritanya lewat PARman’s no J?netsuteki na Hibi. Manga itu dibuat sejak tahun 2007 sampai 2015.

Author: Jefri Marelan