Ingin Alih Profesi? Ketahui 10 Pekerjaan yang Tawarkan Gaji Tertinggi

Lebaran seringkali menjadi momen para pekerja mengajukan resign secara berjamaah. Pengunduran diri dilakukan setelah Idul Fitri bertujuan agar tetap bisa mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaan. Kebiasaan ini bahkan sudah menjadi tren tersendiri di kalangan profesional dengan berbagai alasannya masing-masing. Ada yang resign karena ingin mendapatkan tantangan baru, ingin beralih karier atau merasa gaji yang didapatnya kurang layak dan hendak beralih industri maupun profesi. Maka ada baiknya kita memahami profesi apa saja yang menawarkan gaji tertinggi sebelum mengajukan resign ke kantor.

Laporan gaji tertinggi berdasarkan riset Jobstreet Gaji adalah salah satu faktor penting yang kita pertimbangkan saat masuk ke dunia kerja. Untuk alasan inilah, para fresh graduate berlomba-lomba melamar pekerjaan di perusahaan terkemuka. Kalangan profesional yang sudah mapan dengan pekerjaannya pun tak sungkan berganti kantor jika gajinya lebih memuaskan.

Sadar pentingnya besaran gaji ini, Jobstreet, marketplace pekerjaan di Asia, menerbitkan Laporan Gaji JobStreet 2022 yang merangkum data penghasilan terbaru untuk berbagai profesi. Laporan ini dikompilasi dari data terkini JobStreet Indonesia yang menganalisa dan membandingkan gaji tenaga kerja di antara tahun 2020 dan 2021.

Hasil riset ini tentunya bisa menjadi panduan kita untuk berganti pekerjaan atau bahkan sektor industri untuk mendapatkan penghasilan yang lebih layak. Berdasarkan data ini, sektor IT (komputer) menawarkan gaji awal paling tinggi di angka, rata-rata, Rp5 juta per bulan. Sedangkan level eksekutif junior di angka Rp6,5 juta, supervisor Rp10,2 juta, manajer Rp15 juta dan manajer level C Rp40 juta. Besarannya tergolong mendominasi dibandingkan berbagai industri lainnya seperti telekomunikasi, minyak dan gas, transportasi, hiburan dll. Untuk fresh graduate, sektor pertambangan sebenarnya juga menawarkan besaran gaji yang sama namun upah untuk level manajer jauh lebih tinggi, rata-rata Rp17,5 juta. Selain uraian di atas, Laporan gaji JobStreet 2022 juga mengungkapkan rata-rata pertumbuhan gaji berdasarkan industri dengan pertumbuhan positif di tahun 2021 adalah 6,3 persen.

Spesialisasi komputer/TI juga diketahui memiliki gaji median sebesar Rp 8.05 juta dan pertumbuhan gaji median tertinggi di antara semua spesialisasi di level 7,3 persen, sekitar Rp 550 ribu. Sedangkan untuk pekerja entry level di sektor ini yang berlokasi di Pulau Jawa memiliki pertumbuhan gaji tertinggi pada 2021 lalu hingga 10 persen. Data ini juga membuktikan, level pekerja eksekutif junior memiliki pertumbuhan gaji median tertinggi yaitu di angka 3,5 persen. Jadi, setelah mengetahui fakta ini, apakah makin mantap untuk resign setelah Lebaran nanti?

 

Author: Jefri Marelan